Perbedaan RAM DDR3 dan DDR3L

Perbedaan mendasar RAM DDR3 dan RAM DDR3L. Bagi pembaca sekalian yang menggunakan laptop maupun komputer tentunya ingin memiliki kapasitas RAM yang cukup besar, sebab dengan ukuran RAM yang besar tentu saja kinerja pc akan kencang dan membuat pengguanya puas sebab dapat memasang banyak aplikasi yang di butuhkan. untuk itu tidak jarang para pengguna yang lebih memilih membeli RAM agar performa pc semakin menyakinkan, terlebih lagi untuk para gamers. bagi anda yang ingin menambahkan jumlah RAM sebaiknya harus memperhatikan tips dasar sebelum membeli ram, jangan asal beli, sebab bila asal-asalan membeli ram tanpa tahu terlebih dahulu ram apa yang cocok pada laptop anda, yang ada nantinya hanyalah mubazir dan apa bila di pasang maka bisa timbul masalah lainnya, yang lebih tragis adalah munculnya blue screen serta ram tak terbaca oleh sistem. untuk itu ketahui dulu spesifikasi RAM pada pc anda dengan cara berikut.

1. klik kanan pada My Computer lalu pilih properties. atau langsung saja menuju control panel, gunakan pencarian untuk mempercepat, ketik saja control panel.
ddr3 dan ddr3l
cara cek jenis ram laptop

2. Selanjutnya tulis tipe proses Computer sebab tulisan tersebut tidak bisa di Copy. Setelah itu lakukan pencarian di website resmi intel yaitu ARK.INTEL. com ( tanpa spasi ). scroll kebawah sampai ke spesifikasi memori. di situ akan tertera jenis Ram yang sedang anda pakai.
tutorial cek jenis ram ddr3 atau ddr3l
Setelah anda mengetahui Jenis ram yang support ke laptop, maka langkah selanjutnya ialah memilih Ram. Adapun mengenai perbedaan ram DDR3 dan DDR3L ialah terletak pada kode PC nya.
1. Untuk ram jenis DDR3 maka dalam kode PCnya biasanya tidak tertera huruf L, Sedangkan untuk RAM jenis DDR3L akan tampil Huruf L.
2. Lihat pula tegangannya, ram DDR3 akan bekerja pada tegangan 1,5 volt, sedangkan RAM DDR3L bekerja pada tegangan 1.35 Volt. namun ram jenis DDR3L dapat bekerja dengan tegangan 1.5 volt sedangkan DDR3 tidak dapat bekerja di tegangan 1.35 volt. barangkali inilah salah satu kelebihan ram jenis ddr3l.

gamabar ram ddr3 dan ddr3l
perbedaan ram ddr3 dan ddr3l

Bisakah RAM DDR3L di pasang di DDR3 ?. Mungkin ada di antara kalian yang berpikiran demikian atau memang sudah terlanjur salah beli ram sehingga bertanya-tanya apakah ram ddr3 dan ddr3l dapat saling menggantikan. yang harus di perhatikan adalah support atau tidaknya laptop yang akan di pasang dengan jenis ram tersebut. gunakan aplikasi bernama CPU-Z lalu lihat di bagian SPD, apakah di situ tertera jumlahvolt 1.5 atau tidak, jika memang tertera maka anda dapat memasang ram DDR3 namun di sarankan untuk tidak menggunakan ram tersebut secara bersamaan. takutnya akan timbul masalah seperti blue screen.
Demikian info mengenai perbedaan tipe RAM DDR3 dan DDR3L. semoga memberi penjelasan bagi anda yang bingung untuk memutuskan untuk membeli ram.


Comments

Popular posts from this blog

Cara stel timing Pompa Injeksi Diesel

Trik setting mesin diesel kurang kering

Menambah tenaga Isuzu Elf