Canter, Suara pincang saat langsam

Sepertinya, mesin diesel kendaraan yang satu ini tak ada habisnya untuk dibahas. Selalu saja ada hal yang bisa dibahas, gigi timer, plunger, setelan minyak dan turbo serta hal-hal lainnya. Seperti halnya yang akan kita bahas kali ini, masalah yang sering timbul pada Canter, suara pincang saat langsam. Apa saja yang menjadi penyebabnya?
Siapapun ingin merasakan kenyamanan dalam berkendara, meskipun yang dikendarainya adalah kendaraan komersil atau niaga. Saya yakin tidak ada yang bisa merasa nyaman dengan mesin yang pincang dan bergetar walaupun hanya saat langsam atau idle. Karena saya hanya seorang mekanik injection pump, maka pada artikel ini saya akan membahas penyebab-penyebab berdasarkan pompa injeksinya.

Simak baik-baik ya sob...

1. Gigi Timer

Gigi timer yang rusak, baik itu yang patah pada hubnya maupun pecah pada flyweightnya, bisa berpengaruh pada terjadinya suara pincang atau mesin bergetar saat langsam. Hal ini dikarenakan timing pembakaran yang tidak menentu atau berubah-ubah.

Mungkin agak sulit mendeteksinya, tapi masih bisa diketahui dengan ketelitian. kejelian saat mendengarkan suara mesin saat dihidupkan. Akan terdengar suara logam beradu dari bagian depan (timer gear cup/cover). Sekedar mengingatkan kembali bahwa gigi timer canter merupakan salah satu kelemahan pada pompa injeksi canter.

2. Plunger

Bukan berarti plungernya sudah aus atau lemah. Tapi dikarenakan plunger yang tidak rata dalam memompa bahan bakar bertekanan tinggi ke ruang bakar mesin. Akibat dari pengiriman bahan bakar yang tidak sama, menghasilkan ledakan pembakaran yang tidak sama di masing-masing silinder mesin.

Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal, seperti penyetelan yang tidak rata saat kalibrasi di testbench atau mesin test. Bisa juga karena langkah penyetelan tanpa menggunakan testbench, seperti yang biasa dilakukan mekanik-mekanik saat menambah tenaga canter dengan cara instan, yaitu menggeser semua plunger secara penuh.

Harap Diingat!!!
Meskipun semua plunger digeser penuh dan menempel rapat pada baut pengancing (13mm), tidak menjamin debit bahan bakar menjadi sama rata.

3. Delivery Valve

Komponen ini menjadi salah satu komponen yang sering mengalami kerusakan pada pompa injeksi mitsubishi canter, Delivery Valve yang rusak / aus tidak dapat menahan bahan bakar bertekanan tinggi yang ada pada selang nosel. Cara memeriksanya cukup mudah untuk mengetahui apakah delivery valve dalam keadaan bagus atau sudah aus.

Lepaskan semua selang nosel lalu perhatikan masing-masing holder sambil memompa bahan bakar secara manual. Jika Delivery valve dalam keadaan bagus maka tidak akan ada bahan bakar yang keluar dari holder meskipun pompa terasa berat dan bahan bakar didalam pompa injeksi sudah padat.

4. Nosel / Injector

Hal lain yang dapat mengakibatkan terjadinya pincang saat langsam atau idle adalah nosel atau injector. Pasti ingat dong, komponen ini menjadi salah satu komponen yang sering saya ulas di dalam blog kecil ini. Yang sering menjadi penyebab pada nosel adalah ujung body nosel yang retak serta karena hilangnya tekanan nosel sehingga injector hanya menyemburkan bahan bakar mentah.

Cara mengetahuinya cukup mudah, perhatikan asap yang keluar dari knalpot. Jika nosel tidak dapat mengabutkan bahan bakar akan menghasilkan asap putih yang pedas dimata keluar dari knalpot. Jika benar, kendurkan satu persatu selang nosel secara bergantian untuk mengetahui nosel yang mana yang tidak normal.

5. Ring Delivery Valve

Ini adalah penyebab yang sering luput dari perhatian kita. Berwarna kuning dan letaknya berada di bawah delivery valve yang terpasang pada barrel plunger, sehingga sering terlupakan. Saat mengetahui ada holder yang mengeluarkan bahan bakar saat dipompa, curigai juga ringnya.

Yang sering terjadi adalah ring yang putus / patah dengan bermacam-macam kondisi, ada yang hanya satu pecahan kecil dan ada yang menjadi beberapa pecahan. Dan juga ada yang hanya cacat pada ring tanpa putus.

Saya rasa cukup sampai disini penjelasan saya mengenai gejala suara pincang saat langsam pada canter. Semoga apa yang saya tuliskan dapat memberikan manfaat bagi sobat-sobat yang membaca, jika kurang jelas dengan apa yang saya tuliskan, sobat dapat melihat video di bawah ini.

Dan akhirnya, saya ucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya karena sudi berkunjung ke blog kecil dan sederhana ini. Sampai bertemu kembali di artikel-artikel yang akan datang dan...
Salam Pintar...

Comments

  1. Sangat sangat bermanfaat sekali artikelnya... Kl untuk panther 2.3 apakah setelan tekanan nosel berpengaruh terhadap langsam ya? Kalau disetel terlalu tinggi apa efeknya ya?

    ReplyDelete
  2. Kalau setelan nosel yg tidak tepat misalnya ketinggian apa bisa menjadi penyebab pembakaran mentah? Panther 2.3

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Popular posts from this blog

Cara stel timing Pompa Injeksi Diesel

Trik setting mesin diesel kurang kering

Tentang Plunger dan Cara Kerja