Mengenai Pompa Injeksi ex singapore

Sobat-sobat kendhou sekalian, cukup banyak pemilik mesin diesel yang memilih untuk mengganti bospom / pompa injeksinya dengan bospom bekas atau seken (second) dengan berbagai alasan masing-masing. Barang seken pun bisa dari mesin yang sudah tidak terpakai, mesin yang sudah dibongkar untuk dijual secara terpisah (loakan) dan juga dari pasar singapura (luar negeri) yang harganya lebih murah dibandingkan seken asli Indonesia. Kenapa bisa lebih murah? Kita harus kenal dan tahu terlebih dahulu mengenai pompa injeksi ex singapore agar bisa memahami alasannya.
Tapi sebelum ke topik yang sebenarnya, saya akan mencoba untuk membeberkan beberapa alasan empunya mesin diesel lebih memilih bospom seken dibandingkan memperbaiki. Diantara alasan-alasan tersebut adalah :
  • Harga spare part yang rusak terbilang mahal sehingga total biaya perbaikan menjadi lebih mahal dibandingkan harga pompa injeksi bekas.
  • Terjadi kerusakan yang cukup fatal hingga ke bagian-bagian yang tidak biasanya dan cukup sulit untuk mendapatkan suku cadangnya.
  • Sebagai pompa injeksi cadangan, langkah ini biasanya dilakukan agar pekerjaan tidak berhenti terlalu lama saat terjadi kerusakan dan bisa segera beroperasi kembali.
Sekarang kita menuju ke topik utama kita...

1. Regulasi Singapore berbeda dengan Indonesia

Di Singapore, usia mobil dibatasi hanya sampai 10 tahun untuk menekan jumlah kendaraan dan mengurangi resiko akibat emisi gas buang karena mesin sudah berumur. Sedangkan di Indonesia belum ada peraturan yang jelas mengenai pembatasan usia mobil yang diperbolehkan. Kita dapat melihat mobil yang berumur lebih tua dari kita masih beroperasi di jalanan.

Di Singapura, mobil yang telah berumur 10 tahun akan dimasukkan ke dalam tempat khusus untuk "dibuang" dan dihancurkan. Mesin yang sudah dikeluarkan dijual kembali kepada pembeli untuk digunakan diluar Singapura.

2. Kondisi jalan yang lebih bagus daripada di Indonesia

Indonesia adalah negara yang sangat besar dan sangat jauh ukurannya jika dibandingkan dengan Singapura, maka bisa dimaklumi jika pembangunan jalan bisa lebih bagus dan merata. Ini menjadi salah satu penyebab kenapa mesin ex singapore masih bagus dan layak digunakan meski sudah berusia 10 tahun.

3. Menggunakan mesin buatan Korea

Beberapa mobil merek Jepang yang ada di Singapura, menggunakan mesin yang diproduksi oleh pabrik dari Korea, mengingat adanya peraturan usia mobil hanya sampai 10 tahun kita dapat mengerti alasan kenapa menggunakan mesin dari Korea bukan Jepang. Bukanlah sebuah pelanggaran karena pabrikan tersebut merupakan rekanan dan mendapatkan lisensi dari pabrikan resmi.

Kesimpulan

Dengan usia 10 tahun, bahkan beberapa diantaranya lebih muda, sangat wajar jika mesin ex singapore cukup diminati. Belum lagi kondisi jalan yang lebih bagus daripada di Indonesia, keadaan mesin bisa lebih terjamin.

Karena mesin sejatinya sudah tidak bisa digunakan kembali di Singapura, menjadikan harga jualnya turun cukup drastis. Apalagi untuk mesin-mesin yang dibuat oleh pabrikan Korea. Maka sangat wajar jika mesin-mesin ex singapore bisa didapatkan dengan harga yang relatif murah. Begitu juga dengan bospom alias pompa injeksinya. Sampai disini saya rasa sobat-sobat kendhou bisa mengerti alasan kenapa ex singapore berharga murah.

Tapi ada satu hal yang harus sobat ketahui. Yaitu PERBEDAAN yang ada pada pompa injeksi jepang dengan pompa injeksi yang digunakan pada mesin ex singapore. Agar sobat tidak bingung saat melihat mesin yang menggunakan pompa injeksi yang berbeda, bukan karena ada kesalahan tapi memang sudah seperti itu.

Bahkan kita bisa melihat adanya busi pemanas pada cylinder head yang digunakan oleh mesin diesel dengan Direct Injection. Hal yang tak biasa ditemui pada mesin-mesin untuk pasar Indonesia.

Contoh :

Lagi-lagi, saya menggunakan Pompa injeksi PS (Mitsubishi) sebagai contoh, selain karena ini adalah mesin diesel yang paling banyak digunakan dan ditemui di sekitar kita, mesin ini juga yang paling banyak saya temui telah diswapping menggunakan ex singapore, baik mesin secara utuh maupun hanya pompa injeksinya.

1. Beberapa Pompa Injeksi PS sangat mirip dengan yang bisa kita temui pada mesin Hyundai

2. Perbedaan warna plat nomer pompa, jika pompa injeksi untuk pasar Indonesia berwarna Merah, Biru, Hijau dan Hitam. Beberapa pompa injeksi ex singapore menggunakan plat berwarna Kuning.

3. Governor yang berbeda. Pada pompa injeksi buatan Nippon Denso (ND) menggunakan governor tipe RQV sedangkan beberapa pompa injeksi ex Singapore menggunakan governor tipe RSV dan sebagian menggunakan tipe RLD.

Dan akhirnya, sobat sebagai pemilik mesin diesel adalah orang yang lebih berhak untuk menentukan untuk menggunakan Pompa Injeksi bekas yang asli atau ex Singapore, ataupun memilih untuk memperbaiki pompa injeksi dengan mengganti suku cadang yang rusak tanpa harus mengganti pompa injeksi secara utuh.

Untuk penjelasan mengenai perbedaan governor secara visual, dapat sobat saksikan video di bawah ini

Saya rasa, penjelasan yang saya tuliskan dalam artikel mengenai pompa injeksi ex singapore kali ini dapat sobat pahami dengan baik. Semoga apa yang saya bahas pada postingan ini dapat memberikan manfaat bagi sobat sekalian dan...
Salam Pintar...

Comments

Popular posts from this blog

Cara stel timing Pompa Injeksi Diesel

Trik setting mesin diesel kurang kering

Menambah tenaga Isuzu Elf