Cara mengganti Filter dan memperbaiki pompa kijang

Salah satu mobil dengan segmen minivan / keluarga yang diproduksi oleh Toyota adalah Kijang, dengan varian yang begitu banyak dari awal dihadirkan hingga tipe kijang Innova yang terus diperbarui oleh pihak Toyota menjadi bukti kuatnya kijang di segmen ini. Kitapun masih bisa menyaksikan bagaimana sebagian masyarakat masih mengidolakan kijang Innova sebagai kendaraan keluarga. Tapi kali ini kita akan membahas mengenai Kijang diesel yang sudah tidak diproduksi lagi tetapi masih banyak ditemui di jalanan sampai hari ini.

Sebagai kendaraan keluarga bermesin diesel yang dihadirkan oleh Toyota sebelum Innova, mobil ini masih cukup diminati. Tetapi perawatan harus selalu diperhatikan agar kinerja mesin tetap optimal meski sudah lama. Salah satunya adalah saringan atau filter bahan bakar, kendalanya sangat terasa jika sudah kotor atau bermasalah yaitu tenaga yang hilang pada putaran tinggi alias mbrebet. Hal ini dikarenakan aliran bahan bakar terhambat, dan tentu saja sebaiknya kita perbaiki sekaligus unit pompanya.

Kenapa pompa harus diperbaiki?
Pompa memiliki klep yang bertugas menjaga bahan bakar yang telah terpompa dan berada di dalam filter hingga pompa injeksi tidak kembali ke tangki. Klep tersebut juga sangat penting karena menjadi kunci dari normal tidaknya proses pemompaan. Maka pada postingan kali ini saya akan menjelaskan cara mengganti filter dan memperbaiki pompa kijang agar kendaraan sobat tetap bertenaga.

Perhatikan gambar yang ada di bagian atas...

Berdasarkan nomer :
1. Filter solar
2. Water Sedimenter (pemisah air)
3. Klep pompa (di dalam)
4. Pompa

Lingkaran merah adalah penampakan dari 2 klep yang digunakan pada sistem kerja pompa toyota kijang. Terdapat per yang dipasang diantara kedua klep tersebut dan ditutup menggunakan baut khusus. Bagaimana pengerjaannya? simak penjelasan dibawah

1. Lepaskan rumah filter dari kendaraan dengan cara melepaskan 2 baut 12mm (tanda lingkaran berwarna hijau), serta lepaskan soket kabel indikator air dari water sedimenter.

2. Lepaskan filter solar dan water sedimenter menggunakan kunci filter yang dapat dibeli di toko-toko onderdil / sparepart.

3. Gunakan kunci 17mm dan 24mm untuk mengeluarkan klep beserta per dari rumah filter.

4. Pasang filter yang baru, jangan lupa untuk memberi gemuk (grease) pada karet o ring agar pemasangan lebih mudah.

5. Bersihkan tabung water sedimenter lalu pasang, gunakan gemuk pada karet o ringnya.

6. Bersihkan klep pompa, jangan sampai ada debu dan kotoran yang mengganjal di dalamnya. Jika tidak ada kompressor, sobat dapat menekan bagian dalamnya menggunakan paku kecil atau semacamnya kemudian tiup, bisa juga menggunakan solar, bensin maupun minyak tanah.

7. Jangan lupa pasang kembali klep dan per, periksa hasilnya dengan memompa sambil ditutup bagian inlet. Jika dapat menghisap dengan kuat dan tidak meniup saat pompa didorong artinya pengerjaan berhasil.

8. Pasang kembali rumah pompa yang telah terpasang filter baru ke kendaraan.

Mudah bukan?
Jika ada yang masih kurang faham, sobat dapat melihat video yang saya sediakan di bawah ini.

Cukup sekian mengenai cara mengganti filter dan memperbaiki pompa kijang diesel yang dapat saya tuliskan, semoga dapat memberikan manfaat bagi sobat pembaca sekalian. Jangan lupa share agar sobat-sobat yang lain dapat ikut merasakan manfaatnya.
Salam Pintar...

Comments

Popular posts from this blog

Cara stel timing Pompa Injeksi Diesel

Trik setting mesin diesel kurang kering

Tentang Plunger dan Cara Kerja