Cara stel klep Mitsubishi Colt Diesel

Sebenarnya profesi yang saya jalani adalah spesialis bengkel pompa injeksi, jadi yang saya tangani adalah seputar Pompa Injeksi dan Nosel (saja). Tetapi ada saja pelanggan yang meminta untuk disetting pada bagian mesin. Akhirnya klep pun ikut terjamah juga, tapi saya selalu mengingatkan bahwa saya hanya menerima penyetelan klep tak lebih. Maka kali ini saya ingin berbagi tentang cara stel klep Colt Diesel, karena jenis ini adalah yang paling sering saya tangani di daerah saya.

Beberapa mesin atau mobil jenis lainnya pun sebenarnya tak jauh berbeda dalam penyetelan klepnya, yang membedakan adalah ukuran celah klep yang harus kita gunakan untuk mesin-mesin tersebut. Sekarang kita bahas dahulu tentang penyetelan klep pada mobil colt diesel , mesin yang diproduksi oleh Mitsubishi.

Cara stel klep

1. Persiapkan peralatan perang... (ups salah), maksudnya adalah peralatan untuk penyetelan klep. Feeler Gauge (biasa disebut puler), kunci 12mm dan obeng (- dan +)

2. Buka tutup (cover) klep menggunakan kunsi 12mm.

3. Putar poly sampai pada TMA, bisa kita lihat angka 1I4 pada poly kruk as, posisikan jarum penunjuk barada pada angka 0 (derajat), berbeda dengan posisi untuk menurunkan pompa injeksi. Sobat telah mendapatkan mesin dalam keadaan top (1 atau 4), putar lagi 1 putaran penuh (360 derajat) untuk mendapatkan top yang satunya.
4. Ada 2 Top pada mesin, yaitu Top 1 dan Top 4. Kedua top ini yang menentukan klep yang mana atau nomer berapa yang harus distel.

  • Top 1 : Klep nomer 1,2,3 dan 6 (silinder pertama hisap dan buang, silinder kedua hisap dan silinder ketiga buang)
  • Top 4 : Klep nomer 4,5,7 dan 8 (silinder kedua buang, silinder ketiga hisap, silinder keempat hisap dan buang)

5. Stel klep menggunakan kunci 12mm (untuk mengendurkan mur kancing baut setelan), obeng dan feeler gauge (untuk menyetel ukuran klep). Jangan lupa kencangkan kembali mur 12mm pada baut setelan klep.

Langkah ini juga bisa dilakukan pada mobil Mitsubishi Canter, dan keduanya pun menggunakan ukuran celah yang sama yaitu 40 rata (in dan ex). Beberapa varian Colt Diesel menggunakan baut stelan dengan obeng pipih (-) serta sebagian besar lainnya telah menggunakan obeng plus (+).

Rumus membaca posisi stel klep
 
Ada cara untuk menentukan klep mana yang dapat kita stel menurut posisi top (1 atau 4). Kita akan menggunakan tabel dengan 5 kolom dan 3 baris (untuk 4 silinder). Sebelumnya kita harus tahu terlebih dahulu urutan Firing Order (FO), pada mesin 4 silinder FO adalah 1-3-4-2. Jadi tabelnya akan seperti ini.

  1. Pada baris pertama adalah posisi klep Ex (buang) dan In (hisap)
  2. Pada baris kedua urutan FO dimulai dari 1 (top 1)
  3. Pada baris ketiga urutan FO dimulai dari 4 (top 4)
  4. Coret kolom ketiga, kolom ini tidak perlu dibaca

Bisa dilihat, dari tabel diatas didapatkan klep mana yang harus distel, pada Top 1 adalah Silinder 1 in dan ex, silinder 2 in dan silinder 3 ex. Pada Top 4 adalah silinder 2 ex, silinder 3 in dan silinder 4 in dan ex.

Itulah langkah-langkah penyetelan klep 4 silinder (colt diesel) beserta trik untuk menemukan klep yang harus distel menurut top masing-masing, saya harap sobat-sobat saya dapat mengerti dengan apa yang saya paparkan diatas.

Tak lupa terima kasih saya untuk mas Ikadani atas pencerahannya tentang bagaimana rumus membaca FO untuk penyetelan klep. Semoga postingan tentang cara stel klep Colt Diesel ini dapat memberikan manfaat bagi sobat-sobat sekalian
Salam Pintar...

Comments

  1. Bos brapa mm stel klep untuk up supaya kuat tanjakan..maaf bos klo salah nnya..

    ReplyDelete
  2. Selamat siang Om mau tanya untuk panther 2.5 stelan klep yg tertulis di kap.mesin mobil in ex 0.40 rata misal saya buat in 0.38 ex 0.40 apakah ada efeknya negatif nya Om ya? Soalnya saya test untuk tarikan bawahnya enakan yg in 0.38 ex 0.40 tp memang mesin agak kasar jadinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk tenaga memang idealnya in dibawah ex sob, selama tidak terlalu jauh dari ukuran standar saya rasa tidak ada masalah....

      Delete
  3. Bos mobil sy thn 87 itu lansam y naik tirun ,, itu apa y kira"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa karena ada masalah pada bagian governornya... coba diperiksakan ke mekanik pompa injeksi agar lebih memuaskan hasilnya sob.

      Delete
  4. Klw serpis ,, untuk biyaya kira" brpa bank ,, dan klw d ganti bsa y pke PS bsa g

    ReplyDelete
  5. om kalau ukuran celah katup standar mobil strada triton berapa ya ?..

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Popular posts from this blog

Cara stel timing Pompa Injeksi Diesel

Trik setting mesin diesel kurang kering

Menambah tenaga Isuzu Elf