Memperbesar memory internal Oppo Yoyo

Sobat Bloggers pasti pernah mengalami di saat mau instal aplikasi baru di Oppo Yoyo sobat keluar pemberitahuan bahwa memory tidak mencukupi, bete banget kan? mau hapus sebagian aplikasi bingung karena aplikasinya memang suka semua atau malah sangat sobat perlukan, kalau nggak dihapus bagaimana mau pasang aplikasi yang diinginkan??? solusinya ya Memperbesar memory internal Oppo Yoyo R2001 sobat.

Atau bisa juga menghapus aplikasi bawaan HP yang tidak diperlukan, tentunya si Yoyo harus dalam keadaan sudah diroot. Bagaimana cara rootnya? Sobat bisa baca di artikel saya sebelumnya tentang root Oppo Yoyo. Paling aman ya direpartisi atau kalau pakai bahasa kita membagi ulang ukuran memory internal. Caranya...? Sobat bisa simak info dibawah

Untuk melakukan repartisi pada Yoyo sebenarnya bisa dilakukan tanpa melakukan Root pada HP sobat, caranya cukup update firmware sobat melalui OTA pada menu pembaruan sistem (di menu Tentang Ponsel), setelah diperbarui maka akan muncul menu Repartisi pada menu Lainnya di bagian pengaturan sistem (di bawah tentang Ponsel).


Tapi kali ini saya ingin berbagi info cara repartisi menggunakan metode yang lain, tapi dengan syarat HP harus diroot terlebih dahulu. OK, saya anggap HP Oppo Yoyo Sobat sudah diroot, karena sudah tahu cara root Oppo R2001 dan berhasil.

Bahan2 yang harus disiapkan adalah :

Aplikasi Mobile Uncle yang bisa sobat unduh dari Playstore, aplikasi ini untuk mengistal CWM Recovery R2001.
Repartition Signed yang akan Sobat gunakan untuk membagi ulang memory Oppo Yoyo Sobat.


Langkah pertama adalah buka Mobile Uncle yang sudah sobat install, Ijinkan untuk memberi akses jika keluar peringatan dari Super User.

Pada Recovery Update di Mobile Uncel Tools, Pilih CWM Recovery yang sudah sobat download dan diletakkan di SD Card, pilih OK lalu Reboot.


Setelah masuk Recovery, pilih Instal SD Card. Cari file Repatition Signed yang sudah tersimpan di SD Card sobat.

Ikuti semua perintah yang muncul selanjutnya.
Akan ada beberapa pilihan repartisi memory, saran saya pilih yang 2 GB saja (Recommended), tapi jika sobat pilih ukuran yang lain juga boleh kok.

Selamat!!!! Repartisi berhasil. Ukuran untuk penyimpanan sistem menjadi 2 GB dari yang awalnya cuma 1 GB (bawaan HP Oppo Yoyo).


Setelah ini sobat bisa mendownload dan  menginstall aplikasi lebih banyak lagi tanpa memikirkan akan munculnya peringatan memory yang sudah tidak mencukupi.

Dan jangan lupa untuk menyiapkan dengan mendownload Firmware Oppo Yoyo untuk jaga-jaga (dengan cara diflash ulang tanpa menggunakan PC/Laptop) seandainya terjadi kegagalan pada proses repartisi. Caranya akan kita buka di artikel mendatang ya Sob. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan...
Salam Pintar...

Comments

  1. Thank gan tutorialnya. Sangat bisa dipahami sekali. Dan hp ku akhirnya sesuai yg saya harapkan cukup dipartisi 2gb aja. Like

    ReplyDelete
  2. Thanks juga dah berkunjung ke blog kecil ini, dan yang paling penting adalah bisa belajar dan berbagi ilmu yang bermanfaat.
    Salam kenal dari saya Sob

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Popular posts from this blog

Cara stel timing Pompa Injeksi Diesel

Trik setting mesin diesel kurang kering

Menambah tenaga Isuzu Elf